Sejarah Prabu Siliwangi, Memimpin Kerajaan di Kapetakan Cirebon di Masa Muda

Sejarah Prabu Siliwangi, Memimpin Kerajaan di Kapetakan Cirebon di Masa Muda

CIREBON - Sejarah Prabu Siliwangi menarik untuk dikupas, lantaran banyak jejak yang ditinggalkan. Termasuk memimpin kerajaan di Kapetakan, Kabupaten Cirebon.

Berdasarkan catatan sejarah, Prabu Siliwangi saat muda adalah seorang pengembara yang gemar keluar masuk hutan untuk berburu.

Di masa muda itulah, dia sudah terkenal memiliki ketangkasan yang melebihi orang-orang pada umumnya. Sejarah mencatat, Prabu Siliwangi kemudian menikah.

Pernikahan pertama itu, dengan Nyi Ambetkasih, putri pamannya sendiri yang bernama Ki Gedeng Sindangkasih yang merupakan putra dari Mahaprabu Niskala Wastu Kencana.

Baca juga:

Keluarga pamannya ini, berasal dari Keraton Surantaka. Berdasarkan Buku Hitam Putih Pajajaran yang ditulis Ferry Taufiq El Jaquene, Keraton Surantaka berlokasi di Desa Kedaton.

Atau saat ini masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon. Di situlah, Prabu Siliwangi muda bertakhta.

Takhta Keraton Surantaka diberikan saat Ki Gedeng Sindangkasih wafat. Prabu Siliwangi kemudian ditunjuk menjadi penggantinya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: